Nomor urut pada Datareport VB 6.0

Baca Juga

Tidak dapat dipungkiri bahwa vb6 adalah pemrograman jadul, termasuk report bawaannya yang dinamai datareport pun tak kalah jadulnya, bahkan sekedar menambahkan nomor urut-pun tidak ada dalam tool-tool nya. Tetapi dengan tidak sengaja saya mendapatkan solusinya saat menjelajah dunia maya pada halaman ini : http://www.bigresource.com/Tracker/Track-vb-1n1AFBjQEZ/ (problem generate auto number for data report).

Untuk langkah-langkahnya terlebih dahulu silakan simak

Membuat Laporan dengan Data Report dan Data Environment

Perhatikan langkah keenam (pada artikel tersebut) : 

"..Kemudian muncul jendela Command1 Properties, atur source of datanya, kali ini saya menggunakan SQL STATEMENT, dengan cara pilih option SQL Statement dan Tuliskan Syntax SQL-nya,... "



Untuk membuat auto number diperlukan syntax SQL seperti contoh dibawah ini :

SELECT 1 + (SELECT COUNT(*) FROM nilai WHERE nama < a.nama) AS AUTONUM, a.nama AS NAME FROM nilai a ORDER BY nama 

inti dari autonumbernya adalah pada syntax SQL yang berwarna merah. sedangkan "a", dapat diganti dengan huruf lain misalnya "n"

Tapi saran saya secara pribadi "not recommended dah", terlalu ribet kalau yang belum bener-bener paham tentang SQL data manipulation, hehehe ...

Saya sertakan juga contoh projectnya disini :
http://www.ziddu.com/download/19552259/autonumber_pada_datareport.rar.html

Jika terjadi error, koneksikan kembali data environmentnya. Semoga bermanfaat!

Link Baru, klik tombol download dibawah ini :


Untuk Link download yang sudah saya perbaiki dapat dilihat pada halaman DOWNLOAD, walaupun baru sedikit semoga bisa bermanfaat,untuk cara download silakan lihat DI SINI, Terima kasih

6 Tanggapan

Salam..
Admin, saya mau nanya bagaimana solusi nya kalau data report gk mau refresh..

ijin download dan pelajari mas :)

monggo, silakan mas, semoga bermanfaat.:)

kalo data yang ditampilkan di filter dulu, nomornya jadi acak lagi tu mas, tau cara lain biar nomornya urut g mas?

saya juga masih mencari tapi belum ketemu. :D


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut